Puluhan siswa kelas 6 mulai berkumpul di halaman madrasah dengan barang bawaan untuk persiapan selama 2 hari ke depan di luar kota (25/4/19).

Selama 2 hari ke depan siswa kelas 6, MI Muhammadiyah 1 Jombang akan mengikuti kegiatan _Wisata Ruhani dan Outbound Game_ pada tanggal 25-26 April 2019, di Pondok Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Hidayatulloh Batu, Malang.

Cek Peserta dan Pengarahan

Jam dinding yang tertempel di dinding depan kantor guru menunjuk 06.20 WIB, dilakukan pengecekan peserta dan pengarahan di halaman madrasah dengan membentuk lingkaran oleh Bapak Suwanto selaku salah satu pendamping kegiatan.

Pukul 06.30 WIB, pengarahan selesai kemudian dilakukan pembagian tempat duduk kendaraan. Kendaraan yang digunakan pada kegiatan ini berupa bus mini 1 buah dan 1 elf.

Menikmati Perjalanan

Tepat pukul 06.40 WIB, kami berangkat menuju tempat tujuan kegiatan. Menikmati perjalanan kami nyanyi, ngobrol, cerita kesana kemari sebagai bentuk ekspresi kegirangan dan rasa lega karena baru saja selesai
USBN BK. “Selama 2 pekan terakhir pikiran kami diperas untuk melaksanakan berbagai macam ujian, saatnya hari ini kita bersenang-senang” celutuk Wildan.

“Uoookeyyy…Ashiaaapppp” ekspresi yang lain tanda mengiyakan.

Tak terasa perjalanan 2,5 jam kami lalui dengan lancar, tepat pukul 09.15 WIB, kami sampai ditujuan, Pondok Pusdiklat, Batu Malang. Para instruktur kegiatan nampak siap menyambut kedatangan kami ketika kami memasuki gerbang pondok tersebut. Setelah kendaraan terparkir dengan apik, kami segera keluar dari kendaraan dan kami disambut dengan sangat ramah.

Materi Kegiatan

Sambutan semakin terasa ramah ketika kita disambut dengan Welcome Drink dan pisang goreng hangat. Pikiran dan tenaga kembali fresh, kemudian kami dipersilahkan menaruh barang bawaan ke kamar yang sudah disiapkan. Setelah meletakkan barang bawaan kami kembali ke halaman pondok untuk mengikuti kegiatan berikutnya. Kegiatan diawali dengan _Ice Breaking_; tari nusantara, berhitung kelipatan, tepuk konsentrasi, dan 4 positif gerakan. Setelah kegiatan _Ice Breaking_ selesai, kami istirahat dan persiapan salat jamak qoshor Zuhur dan Ashar berjamaah.

Setelah kegiatan ibadah salat berjamaah, kami makan siang dan istirahat. Istirahat dirasa cukup, kemudian kami lanjut kegiatan outbound dengan berbagai macam permainan diantaranya; _Flying Fox, Spiderman, Halang Rintang, Tarzan Nyebrang Sungai, dan Panahan._

Kegiatan outbound berakhir pukul 16.30 WIB, kemudian kami bersih diri dan istirahat sambil menunggu waktu salat jamak qoshor Magrib Isya berjamaah. Lanjut baca Al-Quran dan makan malam.

Kitalah Pencipta Sejarah

Setelah makan malam kami istirahat sambil bercengkrama dan berbagi cerita pengalaman yang didapat seharian. Obrolan kami berhenti ketika kehabisan bahan cerita. Pukul 20.00 WIB, kami lanjut materi “Kitalah Pencipta Sejarah” yang dipandu oleh Bapak Suwanto, selaku pemateri. “Malam ini saya akan cerita pengalaman saya mulai masuk MI Muhammadiyah 1 Jombang sampai sekarang” ujarnya mengawali ceritanya.

Lebih lanjut Bapak Suwanto menceritakan pengalamannya yang mengisahkan kesan bagi angkatan kami mulai dari yang paling mengesankan sampai yang tidak disukai atau kendala yang dialaminya selama mengabdi di madrasah ini. Sambil bercerita beliau menampilkan profil kami semenjak kami kelas 1 sampai kelas akhir sekarang.

*Malu Sih, tapi Bahagia*

Mulai dari awal penampilan profil kami sudah heboh. Tawa dan saling pandang lalu terbahak-bahak terjadi. Karena kami ketika kelas 1 terlihat _unyu-unyu_ mengemaskan. Suasana penuh tawa dan malu pada diri sendiri terjadi kurang lebih 40 menit. Di akhir materi ini Bapak Suwanto menutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari salah satu perwakilan peserta yang kebetulan diwakili oleh kawan Wira. Dalam penyampaian kesan pesannya kawan Wira mengungkapkan “Selama di MI Muhammadiyah 1 Jombang, selalu bahagia. Gurunya baik-baik, penuh pengalaman, dan banyak ilmu kepemimpinan yang di dapat di IPM.

“Kita harus selalu berbakti kepada guru dan orang tua, jangan berhenti berkarya, selalu berfikir positif” ujarnya dalam pesannya.

“Tak terasa, kita tidak akan mengulang momen kumpul bersama seperti ini, ternyata kitalah pencipta sejarahnya”ungkapnya dengan suara yang agak lirih.

Tepuk tangan meraih terjadi mengakhiri materi ini. Hari semakin malam dan dingin. Waktunya istirahat dan bersiap 03.00 WIB, salat tahajud.

Pengalaman Baru, Sejah Baru

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penutupan dan evaluasi kegiatan selama 2 hari. Pengalaman baru dan sejarah baru di dapat. Semoga suatu saat disambung dengan ikatan silaturrahmi yang kuat. Semoga sukses dan iomu bermanfaat.

(Oleh : Suwanto*)
Pondok Pusdiklat Hidayatulloh
Batu, Malang
25-26 April 2019

Leave a Comment