Kesehatan satu kata kita sering dengar beragam statemen yang keluar dari kita, ada yang menganggapnya hal sepele, ada juga yang bilang mahal, semua itu sah-sah saja. Tapi apabila ada secuil penyakit yang menerpa kita, pasti lah jawaban kita sama.

Kesehatan juga salah satu bentuk anugerah yang amat sangat besar, dan sangat sedikit yang mensyukurinya. Memang benar sikap dasar manusia, tidak bisa menghargai sesuatu yang diperoleh secara GRATIS. Apabila barang tersebut diperoleh dengan banyak perngorbanan barulah menganggapnya berharga.

UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah/Madrsah) adalah salah satu garda terdepan pemerhati kesehatan di lingkungan pendidikan, tapi tidak sedikit pula yang mengabaikan program ini, berjalan atau tidaknya program ini tergantung dari lembaga tersebut.

Rabu (20/9/2018), MI Muhammadiyah 1 Jombang, menjalankan program UKM yang ditangani langsung oleh tim pelaksana Puskesmas Jelakombo yaitu Screening dan penyuluhan kesehatan (tentang leukimia/kurang darah). Pagi itu suasana agak riuh setelah mobil Puskesmas terparkir di pelataran madrasah. Ada salah satu siswa yang nyletuk “Pakk… saya gak mau diimunisasi lagi “.

“Memang kedatangan petugas kesehatan madrasah merupakan “momok” tersendiri bagi anak-anak selain PR matematika. Karena di dalam mindset mereka petugas kesehatan identik dengan imunisasi” ungkap ustaz Junaidi selaku pembina.

Kegiatan ini kita lkelompokkan jadi dua, siswa kelas 1 dilakukan _screening_ yang meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, THT (Telinga Hidung Tenggorokan), gigi, mata, kulit, dan kebersihan kuku.
Sedangkan untuk siswa kelas 4 dan 5 transfer pengetahuan dan penyuluhan Leukimia penyakit (kekurangan darah).

Dari data Resume Medic dapat diketahui ada beberapa anak yang direkomendasikan untuk dirujuk ke Pukesmas, rush sakit, atau dokter pribadi. “Pak ini ada beberapa anak yang harus direkomendasikan karena ada struktur gigi yang tidak sempurna. Jelas Ibu Peni Yunanta salah satu petugas Pukesmas Jelakombo.

Pada kegiatan penyuluhan Leukimia, siswa mendapatkan penjelasan apa yang dimaksud dengan Leukimia., _Suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah, bukan debit darahnya yang berkurang., akibat yang ditimbulkan dari Leukimia, bagaimana cara penanggulangannya, dan bagaimana simple cara mendeteksi gejala Leukimia.

Ada 2 steps untuk mengetahuinya
1, dilihat dari kelopak mata bagian bawah, bila warnanya pink (tp agak pudar) berarti positif
2, dengan cara menekan ujung salah satu jari beberapa saat, setelah tekanan dilepas dan kembali merahnya agak lama berarti positif.

Semoga dengan program ini MI Muhammadiyah 1 Jombang bisa mencetak generasi yang sadar akan kesehatan dan senantiasa manghargai kesehatan. Apabila kita dalam keadaan sehat kita bisa mengerjakan hak-hak Alloh dan kesehatan adalah anugerah dari Alloh. Apabila kita tidak menjaganya sama saja dengan mengkufuri nikmatNYA. (Junaidi) 

Leave a Comment