MIM 1 Jombang; Menerapkan Lima Hari Sekolah (LHS)

By: Uci Nurul Azizah*)

 

Tahun ini tepatnya pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 MI Muhammadiyah1 Jombang sudah menerapkan Lima Hari Sekolah (LHS). Diantara hal-hal yang mendukung diterapkannya LHS di MI muhammadiyah 1 jombang yaitu :

1. Lima hari sekolah (LHS) merupakan peraturan presiden no. 87 tahun 2017 mengenai pendidikan karakter.

2. LHS merupakan penerapan dari program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) karena dengan waktu di sekolah yg lebih lama, diharapkan para guru atau pendidik memberikan pembiasaan-pembiasaan yang akhirnya membentuk karakter anak. Program ini menitikberatkan pada lima komponen yaitu:

a) religious

b) nasionalis

c) gotong royong

d) mandiri

e) integritas

(Mendikbud : Muhadjir Effendy)

3. Di MI muhammadiyah 1 Jombang, ada 16 kegiatan ekstrakurikuler. Semua kegiatan ekstrakurikuler di hari sabtu dialihkan pada hari Senin-Jumat. Diantara kegiatan-kegiatan ekstra tersebut yaitu : club (B.Inggris, Arab, IPA dan Matematika), tahfidzul Qur’an, jurnalistik, robotika, paduan suara, ITC, fotografi, sinematografi, futsal, musik, paskibra, Tapak Suci, dan Hizbul Wathan (HW).

4. Sebagian anak2 di hari sabtu spent their weekend with their family. Hal ini Merupakan penerapan dari point di atas bahwa waktu bersama keluarga juga merupakan pendidikan utama setelah disekolah, hal ini orangtua yang banyak berperan. Setelah lima hari mengenyam pendidikan di sekolah bersama bapak ibu guru, saatnya mereka menghabiskan waktu bersama keluarga. Berbagai macam aktifitas yang dilakukan anak-anak setelah saya interview, ada yang diajak orangtua mereka ke tempat-tempat rekreasi, memasak kue atau mencoba resep baru bersama ibunda, pergi mengunjungi saudara atau hanya dirumah saja bercengkrama bersama keluarga. sehingga banyak waktu dan referensi anak buat bercerita di sekolah. Hal ini penting sekali buat orangtua untuk lebih banyak menjalin komunikasi dengan anak. Karena jika komunikasi terjalin dengan baik antara anak dan orangtua, maka tidak akan ada istilah broken home yang sangat berpengaruh pada kehidupan sosial di lingkungan masyarakat kita.

5. Beda lagi bagi para orangtua yang pada hari sabtu masih masuk kerja, mereka sibuk mencarikan kegiatan untuk anak-anaknya, ada yg dititipakan saudaranya, diikutkan ketrampilan dll.

6. Bagi bapak/ibu guru di MI Muhammadiyah 1 Jombang di hari sabtu bisa menyiapkan tugas sekolah atau individu misalnya menyiapkan perangkat pembelajaran, membuat modul, menyiapkan media pembelajaran dll. Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lancar dan kondusif. Di hari Sabtu juga ada program home visit bagi wali kelas yaitu mengunjungi anak didik mereka dengan bersilaturrahim ke rumah, memantau perkembangan akademik dan sosial mereka serta apabila ada kendala belajar bisa dimusyawarahkan dengan orang tua. Its marvelous. .

Semoga dengan diterapkannya Lima Hari Sekolah mampu mewujudkan karakter anak yang religius, nasionalis, gotong royong, mandiri dan integritas yang tinggi dan tentunya berakhlakul karimah sehingga mampu bersaing di dunia global.

Salam semangat buat para guru di manapun anda berada.

 

*) Kepala Urusan Kurikulum MIM 1 Jombang

 

_________

Jombang, 30 Januari 2018

Leave a Comment